Adjie Purbojati Blog

Chit-Chat

Curhatan Gue Memilih Web Hosting Terbaik Anti Mainstream

Posted on .

Curhatan Gue Memilih Web Hosting Terbaik Anti Mainstream

Introduction

Cerdas Memilih Web Hosting Terbaik untuk personal Branding dan Usaha di Internet — Selamat pagi! Masih dalam suasana kemerdekaan republik Indonesia yang ke-70, gue akan sedikit berbagi curhat alias pengalaman gw dalam memilih web hosting terbaik untuk branding dan usaha di internet. Jadi gini bro, jujur saja memang bukan hal yang mudah dalam memilih suatu web hosting yang cucok dengan kebutuhan kita. Padahal suatu tempat hosting itu sangat penting untuk perkembangan web kita sob. Dan memang gak bisa asal dan gak bisa langsung dapet deh itu hosting yang cocok untuk kamu. Harus berdasarkan pengalaman dan proses panjang coba hosting ini hosting itu. Tujuannya adalah mencari yang terbaik.

Pertama Ketemu, Langsung Mendem Kangen

Nah, dalam perjalanan gue mencari kitab suci eh hosting terbaik, gue nemuin nih salah satu hosting terkenal di Republik ini. Apa itu? hah? penasaran gue!! Web hosting itu adalah Qwords bro! Pertama gue tahu hosting ini adalah ketika kampanye dulu, salah satu tim sukses capres, gue liat pake nih hosting. Gile, kagak di rahasiain, keren banget deh sumfeh. Nah, berbekal rasa penasaran akhirnya gue kepoin tuh web hosting. Setelah beberapa detik akhirnya halaman ter-load semua.. maklum inet gue lemot waktu itu. Dan.. alamak! gue liat pricelistnya murah banget bro! Yakin dah ini web host paling murah yang pernah gue temui di Indonesia.

Terus setelah itu gua coba kontak melalui twitter, yah sekedar tanya-tanya. Gw coba mention, “Hi.. selamat siang. Kok bisa sih harga di Qwords murah banget?” dan beberapa menit kemudian ada mention masuk, isinya balasan dari mention tersebut. “Iya mas, karena Qwords bukan reseller dan kami memiliki data center sendiri yang kami kelola sendiri. Jadi bisa lebih murah.”. Dan bla..bla..bla.. obrolan melalui mention berlanjut beberapa kali. Gue mulai curiga kalo yang jawab mention gue itu cewek. Yakali masa cowok sama cowok balesnya manis vanget :D. Nah daripada akhirnya terjadi hal-hal yang di inginkan, gue sudahi saja “Oo begitu.. oke terima kasih banyak ya :)”. Nah dari beberapa obrolan gue sama si CS Qwords, gue dapat jelasin begini. Jadi kenapa Qwords bisa lebih murah daripada webhost yang lain adalah, Qwords memiliki data center sendiri yang mereka kelola sendiri juga. Jadi untuk biaya sewa hosting lebih murah. Beda lagi kalo domain, emang itu dari sononya udah segitu dan mengikuti kurs dollar. Jadi kalo beli nama domain di sono, sudah pasti harganya ga beda jauh sama di tempat-tempat lain, percaya ga? Ya harus percaya kan gue yang bikin nih artikel.

Berbekal hasil chit-chat yang singkat itu, gue langsung coba trial order hosting di Qwords. Waktu itu gue disuruh kirim scan KTP. Setelah gue kirim akhirnya gue dikasih data login cpanel. Akhirnya gue install domain dengan platform favorit, yakni WordPress. Btw, fitur cpanel di hosting ini cukup lengkap loh. Salah satunya ada Softaculous yang sangat memudahkan gue untuk install sesuka udel gue. Setelah install berhasil, gue langsung transfer semua data wp-content dari hosting lama ke hosting Qwords. Namanya juga uji coba alias test drive gua gak mau setengah2, jadi langsung gua coba pake blog gua yang udah jadi dan banyak trafficnya. Semuanya kelar kurang dari setengah jam! Semuanya gue lakuin sendiri, karena yang namanya trial yang gak dikasih bantuan sama support. :'(

Proses Penilaian Dimulai …

Gue mulai test kecepatan blog gue, gua ngetesnya nggak pake fitur-fitur buat nge-test gitu. Menurut gue itu mainstream. Lagian web hosting ini kan servernya di Indonesia, lah kalo mereka ngetest kan pakai ISP sana, ya pasti beda ntar hasilnya kalo di akses di Indonesia. Gua coba pake 10 komputer berbeda-beda. Selama tiga hari gue bola-balik ke warnet yang berbeda. Gua test semua halaman blog gue. Gue bersihin yang namanya cache, cookies dulu. Biar semuanya dari nol, kaya pom bensin aja. Dan setelah 3 hari proses uji coba, dapat gua simpulkan. Kalo ini web hosting bener2 recommended buat gue! Gua berniat buat migrasi permanent di Qwords, maklum pandangan pertama langsung fall in love ya begini. Namun gua gak bisa langsung migrasi, karena masa sewa gua di hosting lama masih lumayan panjang. Daipada sia-sia, gua tunggu sampai masa sewa habis.

Kecepatan Akses Adalah SEO yang Terpendam

Nah dari cerita singkat gua di atas jika lo baca dengan baik2, sebenernya gua lebih fokus ke kecepatan akses. Kenapa? Karena kecepatan akses suatu web itu perbanding lurus dengan jumlah pengunjung bro! Semakin cepet web ente, semakin bagus juga SEO web lo. Yang akhirnya akan menambah kenyaman pengunjung dan tentunya menambah jumlah pengunjung. Namun ga bisa di pungkiri juga, content web lo juga harus bagus. Apalagi mau lo buat untuk personal Branding dan Usaha di Internet. Ya pasti kudu cepet dan mantep web lo. Nah, gua kasih tips dikit nih buat lo yang pengen mantepin branding lo di internet. Baik2 lah sama sosmed, karena sosmed adalah gudangnya pengunjung permanent di internet.

Namun, dibalik kelebihan Qwords yang gue tahu selama ini. Gue ada satu hal yang nge-ganjel banget sama web hosting ini. Bukan apa-apa, gue puya hobi yakni desain grafis dan desain web. Nah gua lihat webnya Qwords itu nggak banget, haha jangan sakit hati nih kalo kamu dari Qwords baca ini. Gua jujur aja, layanannya udah lengkap dan bagus2, tapi webnya jelek menurut gua. Nah, kedepan harapan gua semoga webmaster Qwords redesign total webnya. Paling tidak dirapikan lah. Syukur2 mengikuti perkembangan trend desain web masa kini. Atau kalo mau pake jasa gua juga gpp, heheuu promosi :D.

Demikian artikel tentang Cerdas Memilih Web Hosting Terbaik untuk personal Branding dan Usaha di Internet. Gua review ini berdasarkan pengalaman pribadi dan juga di dukung hadiah2 dari Qwords yang bikin gua ngiler. Akhir kata, gua mau ucapin “HAPPY ANNIVERSARY QWORDS KE-10 ! TERUS MENJADI INSPIRATOR HOSTING TERBAIK DI INDONESIA”

Siapa tau berguna:

Situs Qwords

Daftar Harga Paket Hosting

Registrasi Nama Domain

 

Qwords.com Web Hosting Indonesia

 

Adjie Purbojati

Adjie Purbojati

http://purbojati.my.id/

Dia suka nge-blog semenjak kelas 2 SMP. Dan sampai sekarang masih berkutat dengan hal tersebut.

Comments
  • user

    AUTHOR Kangmas Blog

    Posted on 7:56 am 4 Oktober 2015.
    Balas

    patut di coba nie hosting nih….

  • Leave a Reply

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

    View Comments (1) ...
    Navigation